Pages

Senin, 17 Januari 2011

Makalah Tentang Penelitian & penulisan Ilmiah



KATA PENGANTAR




Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT atas segala kenikmatan jasmani dan rohani. Kenikmatan iman dan islam sehingga dalam kesepakatan ini kami dapat menyusun makalah ini. Tidak lupa juga shalawat dan salam kami sampaikan kepada nabi Muhammad Saw yang telah membawa ajaran kebenaran dengan kitabnya al-qur’an.
Alhamdulillah atas segala rancangan dan kehendak-Nya makalah ini dapat kami selesaikan walaupun hasilnya sangat jauh dari nilai kesempurnaan. Maka dari itu akan menjadi suatu kebanggaan dan kehormatan bagi kami, apabila ada diantara pembaca yang sudi memeriksa kritik dan saran guna perbaikan ke depannya.
Tidak lupa juga dalam kesempatan ini kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dalam menyusun makalah ini. Besar harapan kami makalah ini dapat bermanfaat khususnya bagi kami dan umumnya bagi pembaca.


Bayah,  Januari 2008


Penyusun





PENELITIAN DAN PENULISAN ILMIAH




A.           PENGAJUAN MASALAH
Langkah pertama dalam suatu penelitian ilmiah adalah mengajukan masalah. Satu hal yang harus disadari bahwa pada hakikatnya suatu masalah tidak pernah berdiri sendiri dan berisolasi dari faktor-faktor lain. Secara oprasional suatu gejala baru dapat disebut masalah bila segala itu terdapat dalam suatu situasi tertentu.
Ilmu merupakan pengetahuan ilmiah yang dikembangkan secara kumulatif di mana setiap permasalahan dipecahkan tahap demi tahap sedikit demi sedikit.
Identifikasi masalah merupakan suatu masalah tahap permulaan dari penguasaan masalah di mana suatu objek dalam suatu salinan situasi tertentu dapat kita kenali sebagai suatu masalah.
Pembatasan masalah merupakan upaya untuk menetapkan batas-batas permasalahan yang jelas, yang memungkinkan kita untuk mengidentifikasi faktor-faktor mana saja yang termasuk ke dalam lingkup permasalahan dan faktor mana yang tidak. Perumusan masalah merupakan upaya untuk menyatakan tersurat pertanyaan – pertanyaan apa saja yang ingin kita carikan jawabannya.
Setelah masalah dirumuskan dengan baik, maka seorang peneliti menyatakan tujuan penelitiannya. Tujuan penelitian ini adalah pernyataan mengenai ruang lingkup dan kegiatan yang akan dilakukan berdasarkan masalah yang telah dirumuskan. Setelah itu maka dibahas kemungkinan kegunaan penelitian yang merupakan manfaat yang dapat dipetik dari pemecahan masalah yang didapat dari penelitian.
Dengan demikian maka secara kronoloogis dapat kita sampaikan enam kegiatan dalam langkah pengajuan masalah sebagaimana tampak di bawah ini.




Selanjutnya tinggal download di bawah ini !!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text