Pages

Selasa, 18 Januari 2011

Makalah Tentang Ilmu Budaya dasar



KATA PENGANTAR




Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan manusia berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya saling kenal mengenal. Dan berkat qudrat dan iradatnya penulis dapat menyusun makalah. Makalah ini disusun dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Ilmu Budaya Dasar.
Kami akan selalu terbina untuk menerima kritik, saran dan koreksi yang bertujuan untuk menyempurnakan makalah ini. Harapan kami mudah-mudahan buku ini akan memberikan manfaat bagi pembaca. Atas segala bantuan dan sarannya, kami ucakan terima kasih.


Bayah,  Nopember 2008


Penyusun



DAFTAR ISI




KATA PENGANTAR
MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
A.            PROSES INTERNALISASI
B.            PROSES SOSIALISASI
C.           PROSES ENKULTURASI

MANUASI DAN KEBUDAYAAN




Hubungan antara mansuai dan kebudayaan selayak uang logam dengan dua sisinya, artinya antara manusia dan kebudayaan tidak dapat dipisahkan. Tidak akan ada kebudayan tanpa ada manusia dan manusia tidak akan pernah mencapai puncak potensinya sebagai manusia tanpa berkebudayaan. Di dalam kebudayaan itulah manusia dibentuk, tetapi kebudayaan juga merupakan cermin dari perkembangan manusia pemilik kebudayaan tersebut. Proses perkembangan kabudayaan tidak akan pernah berhenti seiring dengan terus mengalirnya kebutuhan manusia sebagai pemilik kebudayaan tersebut yang juga tidak pernah berhenti. Manusia dengan kemampuan akal dan budinya, terus mengembangkan berbagai macam sistem tindakan demi memenuhi keperluan hidupnya, dan ini diperoleh dengan cara belajar (learned behavior). Dari proses belajar itu selanjutnya timbul apa yang dinamakan kebudayaan.
Kebudayaan menurut koentjaraningrat (1990 : 180) diartikan sebagai keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyuarakat yang dijadikan milik dari manusia dengan belajar. Definisi ini menunjukkan bahwa hampir semua tindakan manusia adalah kebudayaan, karena amat sedikit tindakan manusia dalam rangka kehidupan bermasyarakat yang tak perlu dibiasakan dengan belajar. Tindakan manusia yang tidak perlu dibiasakan dengan belajjar biasanya berupa tindakan naluriah, tindakan bawah sadar, bebrapa proses fisiologi, atau tindakan membabi buta. Bahkan berbagaoi tindakan manusia yang sifatnya naluriah yang terbawa dalam gennya bersama kelahiranya (seperti makan, minum, atau berjalan dengan kedua kakinya) pada akhirnya juga diubah menjadi tindakan kebudayaan. Secara naluriah menusia memang mempunyai tindakan yang berupa makan, minum atau berjalan.




Selanjutnya bisa anda download di bawah ini !!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text