Home » » Makalah Sosiologi Tentang Pengaruh Pelapisan Sosial Terhadap Kehidupan Masyarakat

Makalah Sosiologi Tentang Pengaruh Pelapisan Sosial Terhadap Kehidupan Masyarakat

Written By Download Makalah Terbaru on Minggu, 22 Mei 2011 | 05.27

Judul : Makalah Pengaruh Pelapisan Sosial Terhadap Kehidupan Masyarakat


Daftar Isi :

HALAMAN JUDUL, LEMBAR PERSETUJUAN, MOTTO, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, BAB I PENDAHULUAN, 1.1. Latar Belakang, 1.2. Rumusan Masalah, 1.3. Tujuan dan Manfaat, 1.4. Metode, 1.5. Sistematika Penulisan, BAB II KAJIAN TEORI, 2.1. Definisi Pelapisan Sosial, 2.2. Faktor-Faktor Terbentuknya Pelapisan Sosial, 2.3. Proses Terbentuknya Pelapisan Sosial, 2.4. Kriteria yang Dipakai untuk Menggolongkan Orang dalam Pelapisan, 2.5. Bentuk-bentuk Pelapisan Sosial dalam Masyarakat, BAB III PENYAJIAN DATA DAN ANALISIS, 3.1. Penyajian Data, 3.2. Analisis, BAB IV KESIMPULAN DAN PENUTUP, 4.1. Kesimpulan, 4.2. Penutup, DAFTAR PUSTAKA.






Sekilas Isi :
Definisi Pelapisan Sosial
        Pengaruh pelapisan sosial merupakan gejala umum yang dapat ditemukan di setiap masyarakat pada segala zaman. Betapapun sederhananya suatu masyarakat gejala ini pasti dijumpai. Pada sekitar 2000 tahun yang lalu, Aristoteles menyatakan bahwa di dalam setiap negara selalu terdapat tiga unsur yaitu mereka yang kaya sekali, mereka yang melarat dan mereka yang ada di tengah-tengah.


       Adam Smith membagi masyarakat ke dalam tiga kategori yaitu orang-orang yang hidup dari penyewaan tanah, orang-orang yang hidup dari upah kerja, dari keuntungan perdagangan. Sedangkan Thorstein Veblen membagi masyarakat ke dalam dua golongan yang pekerja, berjuang untuk mempertahankan hidup dan golongan yang banyak mempunyai waktu luang karena kekayaannya.


        Pernyataan tiga tokoh di atas membuktikan bahwa pada zaman ketika mereka hidup dan dapat diduga pula pada zaman sebelumnya, orang-orang telah meyakini adanya sistem pelapisan dalam masyarakat, yang didalam studi sosiologi disebut pelapisan.


         Sedangkan pelapisan sosial dapat diartikan sebagai pembedaan penduduk atau para warga masyarakat ke dalam kelas secara hierarkis (bertingkat). Perwujudan adanya kelas-kelas tinggi dan kelas-kelas yang lebih rendah di dalam masyarakat.


         Di dalam masyarakat terdapat pelapisan sosial yang akan selalu ditemukan dalam masyarakat selama di dalam masyarakat tersebut terdapat sesuatu yang dihargai demikian menurut Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi dalam bukunya “Setangkai Bunga Sosiologi”, sesuatu yang dihargai itu adalah uang atau benda-benda yang lain yang bernilai ekonomis, politis, agamis, sosial maupun kultural.


        Adanya kelas yang tinggi dan kelas yang rendah itu disebabkan karena di dalam masyarakat terdapat ketidakseimbangan atau ketimpangan (inequality) dalam pembagian sesuatu yang dihargai yang kemudian menjadi hak dan kewajiban yang dipikul dari warga masyarakat ada segolongan orang yang mendapatkan pembagian lebih besar dan ada pula mendapatkan pembagian lebih kecil, sedangkan yang mendapatkan lebih besar mendapatkan kedudukan yang lebih tinggi, yang mendapatkan lebih kecil menduduki pelapisan yang lebih rendah. Pelapisan mulai ada sejak manusia mengenal adanya kehidupan bersama atau organisasi sosial.
Pelapisan sosial merupakan hasil dari kebiasaan manusia berhubungan antara satu dengan yang lain secara teratur dan tersusun biak secara perorangan maupun kelompok, setiap orang akan mempunyai situasi sosial (yang mendorong untuk mengambil posisi sosial tertentu. (Drs. Taufik Rahman Dhohir, 2000)



Untuk data lebih lengkapnya silahkan anda download filenya versi Microsoft Word di bawah ini ....!!!!




Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Follow Me

 
Support :
Copyright © 2013. Free Download Makalah - All Rights Reserved
Template Created by makalah3satu Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger